Pengertian Group dan Team
"A group can be defined as two or more
individuals, engaged in social
interaction, for the purposes of achieving some goal."
(Riggio,2013).
"A team is a group of people
holding themselves collectively accountable for using complementary skills to
achieve a common purpose." (Schermerhorn, Hunt, Osborn,
Uhl-Bien, 2010).
Berdasarkan kedua definisi diatas dapat disimpulkan bahwa group dan team adalah dua atau lebih individu yang bertanggung jawab secara kolektif , dan terlibat dalam interaksi sosial serta menggunakan keterampilan untuk mencapai tujuan bersama.
Namun, dalam buku Robbins dan Judge group dan team memiliki perbedaan yaitu:
Work group adalah kelompok yang berinteraksi terutama untuk berbagi informasi dan membuat
keputusan untuk membantu setiap anggota melakukan dalam bidang tanggung
jawabnya.
A work team, upaya individu menghasilkan tingkat kinerja yang lebih besar
daripada jumlah input individu tersebut.
Efektifkah bekerja dalam tim?
"An
effective team is one that achieves high levels of task performance, member
satisfaction, and team viability."(Schermerhorn, Hunt, Osborn,
Uhl-Bien, 2010).
Terdapat beberapa point untuk mencapai tim yang efektif, yaitu:
1. Berkenaan dengan kinerja tugas, tim yang efektif mencapai tujuan kinerja
dalam arti standar kuantitas, kualitas, dan ketepatan waktu hasil kerja.
2. Berkenaan dengan kepuasan anggota, tim yang efektif adalah tim yang
anggotanya percaya bahwa partisipasi dan pengalaman mereka positif dan
memenuhi kebutuhan pribadi yang penting. Mereka puas dengan tugas-tugas
tim mereka, prestasi, dan hubungan interpersonal.
3. Berkenaan dengan kelayakan tim, anggota tim yang efektif cukup puas untuk
terus bekerja bersama dengan baik secara berkelanjutan. Ketika satu tugas
selesai, mereka berharap untuk mengerjakan yang lain di masa depan. Tim
semacam itu memiliki potensi kinerja jangka panjang yang penting.
Efektifkah pembagian kelompok kerja dalam suatu
organisasi?
Pembagian kelompok kerja dalam suatu organisasi adalah hal yang sangat efektif. terutama dalam hal mengambil sebuah keputusan bersama yang dilakukan dengan cara mengambil hasil keputusan bersama dari pembagian kelompok tersebut. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa individu pembuat keputusan terbaik — orang yang memiliki semua informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan berkualitas tinggi — akan mampu tampil sebaik atau lebih baik daripada kelompok (Hill, 1982; Miner, 1984) . Dalam keadaan lain, kelompok dapat mencapai keputusan yang lebih unggul daripada yang dibuat oleh pembuat keputusan terbaik kelompok (Michaelson, Watson, & Black, 1989). Selain itu, anggota tertentu, seperti pemimpin kelompok atau individu yang dihormati, mungkin memiliki pengaruh lebih besar dalam mempengaruhi hasil dan mungkin dapat mempengaruhi.
Kesimpulan
Kesimpulan dari group and team adalah bahwa group dan team adalah dua atau lebih individu yang bertanggung jawab secara kolektif , dan terlibat dalam interaksi sosial serta menggunakan keterampilan untuk mencapai tujuan bersama. Namun, dalam buku Robbins dan Judge group dan team memiliki perbedaan yaitu, Work group adalah kelompok yang berinteraksi terutama untuk berbagi informasi dan membuat keputusan untuk membantu setiap anggota melakukan dalam bidang tanggung jawabnya, sedangkan A work team, upaya individu menghasilkan tingkat kinerja yang lebih besar daripada jumlah input individu tersebut. Lalu terdapat beberapa point untuk mencapai tim yang efektif yaitu, berkenaan dengan kinerja tugas, kepuasan anggota, serta kelayakan team. Terakhir yaitu efektifnya pembagian kelompok kerja dalam suatu organisasi terutama dalam hal mengambil sebuah keputusan bersama yang dilakukan dengan cara mengambil hasil keputusan bersama dari pembagian kelompok tersebut.
Pembagian kelompok kerja dalam suatu organisasi adalah hal yang sangat efektif. terutama dalam hal mengambil sebuah keputusan bersama yang dilakukan dengan cara mengambil hasil keputusan bersama dari pembagian kelompok tersebut. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa individu pembuat keputusan terbaik — orang yang memiliki semua informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan berkualitas tinggi — akan mampu tampil sebaik atau lebih baik daripada kelompok (Hill, 1982; Miner, 1984) . Dalam keadaan lain, kelompok dapat mencapai keputusan yang lebih unggul daripada yang dibuat oleh pembuat keputusan terbaik kelompok (Michaelson, Watson, & Black, 1989). Selain itu, anggota tertentu, seperti pemimpin kelompok atau individu yang dihormati, mungkin memiliki pengaruh lebih besar dalam mempengaruhi hasil dan mungkin dapat mempengaruhi.
Kesimpulan
Kesimpulan dari group and team adalah bahwa group dan team adalah dua atau lebih individu yang bertanggung jawab secara kolektif , dan terlibat dalam interaksi sosial serta menggunakan keterampilan untuk mencapai tujuan bersama. Namun, dalam buku Robbins dan Judge group dan team memiliki perbedaan yaitu, Work group adalah kelompok yang berinteraksi terutama untuk berbagi informasi dan membuat keputusan untuk membantu setiap anggota melakukan dalam bidang tanggung jawabnya, sedangkan A work team, upaya individu menghasilkan tingkat kinerja yang lebih besar daripada jumlah input individu tersebut. Lalu terdapat beberapa point untuk mencapai tim yang efektif yaitu, berkenaan dengan kinerja tugas, kepuasan anggota, serta kelayakan team. Terakhir yaitu efektifnya pembagian kelompok kerja dalam suatu organisasi terutama dalam hal mengambil sebuah keputusan bersama yang dilakukan dengan cara mengambil hasil keputusan bersama dari pembagian kelompok tersebut.
REFERENSI:
Schermerhorn,
Hunt, Osborn, Uhl-Bien. 2010. Organizational
Behavior (11th ed). New Jersey: John Wiley & Sons,Inc.
Riggio, Ronald E. 2013. Introduction To Industrial/Organizational
Psychology (6th ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Robbins, Stephen P., Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior (15 th ed). New Jersey: Pearson Education, Inc., Pearson Education, Inc.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar